RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. IDENTITAS
Nama Guru | : | Mardiana, M.Ag |
Sekolah | : | Sekolah SMPN 1 Lumbung Padi |
Bidang Studi | : | Pendidikan Agama Islam |
Kelas/Semester | : |
B. SILABUS
Judul | : | Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah Dan Alim Lam Qamariyah (Lam Ta’Rif) |
Materi | : | 1. Pengertian dan hukum Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah 2. Jenis-jenis Huruf Alif Lam Qomariyah dan Huruf Alif Lam Syamsiyah 3. Mempraktikkan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah dalam QS. Ali-Imran : 132-134 |
Standar Kompetensi | : | Mengenal dan mempraktekan hukum bacaan Alif lam syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah |
Kompetensi dasar | : | 1. Mengetahui pengertian Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariya 2. Membedakan hukum dan contoh-contoh bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariya 3. Menerapkan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Qamariya dalam QS. Ali-Imran : 132-134 |
Indikator Hasil Belajar | : | 1.1. Mampu menyebutkan pengertian Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariya 2.1. Mampu menyebutkan contoh-contoh bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariya 2.2. Mampu membedakan ciri-ciri hukum bacaan Alif Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah 3.1.Mampu menggunakan hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariya dalam QS. Ali Imran : 132-134 |
Alokasi Waktu | : | 2 x 40 menit (1 pertemuan) |
Metode | : | - Ceramah (sebagai pengantar) - Small Group Discussion with Tutor Sebaya - Orasion Metod (Presentasi Kelompok) |
Media | : | 1. Papan tulis, Alat tulis (Spidol atau Kapur) 2. Buku Pintar Tajwid 3. Al-Qur’an |
C. PROSEDUR AKTIVITAS :
1. SCENE SETTING
NO | Aktivitas Guru | Durasi |
1 | PEMBUKAAN (no.1,2,3): Guru membuka pelajaran dengan salam | 10 Menit |
2 | Guru Menunjuk satu orang siswa untuk Tadarus al-Quran surah Ali-Imran : 132-134 | |
3 | Guru Menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran dalam materi yang akan disampaikan. | |
4 | KEGIATAN INTI (no.4,5, dan 6) Guru memberi pengantar terkait apa-apa saja huruf alif lam syamsiyah dan apa-apa saja huruf Alif Lam Qomariyah kemudian memilih 2 orang siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya (melalui pertanyaan pengantar terhadap materi yang mau di sampaikan). | 50 Menit |
5 | Guru Membagi siswa menjadi 2 kelompok (kelompok Alif Lam Syamsiyah dan Kelompok Alif Lam Qamariya) | |
6 | Guru Meminta Setiap kelompok untuk mencari Huruf-huruf Alif Lam Ta’rif pada QS. Ali-Imran 132-134 dan meminta mereka memahami bersama tutor sebaya dan diskusi untuk kemudian wajib mempresentasikannya ke depan kelas dengan meminta masing-masing kelompok mendelegasikan 2 orang. | |
7 | PENUTUP (no.7,8,9 dan 10) Guru memberikan evaluasi terkait pelajaran | 10 Menit |
8 | Guru menyimpulkan, mengklarifikasi dan refleksi tentang materi yang telah di sampaikan | 10 Menit |
9 | Guru mengakhiri dengan do’a. | |
10 | Guru mengucapkan salam penutup |
NO | Aktivitas Siswa | Durasi |
1 | PEMBUKAAN (no.1,2,3): Siswa Menjawab salam . | 10 Menit |
2 | Siswa yang ditunjuk bersedia untuk Tadarus al-Quran surah Ali-Imran : 132-134 | |
3 | Siswa menyimak kompetensi yang dicapai dalam kegiatan pembelajaran terhadap materi yang disampaikan | |
4 | KEGIATAN INTI (no.4,5, dan 6) Siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata bersedia untuk menjadi tutor sebaya yang telah di tunjuk oleh guru. | 50 Menit |
5 | Siswa mencari kelompoknya (kelompok Alif Lam Syamsiyah dan Kelompok Alif Lam Qamariya) sedangkan tutor sebaya yang terpilih siap mendampingi teman sekelompoknya di masing-masing kelompok | |
6 | Seluruh Siswa mencari Huruf-huruf Alif Lam Ta’rif pada QS. Ali-Imran 132-134 bersama kelompoknya masing-masing untuk di pahami dan setelah selesai wajib mengajarkan ke pada teman kelompok lain dengan mendelegasikan 2 orang untuk mewakili kelompok dalam mempresentasikan di depan kelas (oration metod) dari hasil pemahaman di kelompok masing-masing. | |
7 | PENUTUP (no.7,8,9 dan 10) Siswa mengerjakan evaluasi dari guru | 10 Menit |
8 | Siswa mendengarkan kesimpulan, klarifikasi dan refleksi dari Guru tentang materi yang telah di sampaikan | 10 Menit |
9 | Siswa Berdo’a bersama | |
10 | Murid menjawab salam penutup dari guru |
Sistematika Metode
1. Small Group Discussion with Tutor Sebaya
Setelah siswa berkumpul bersama masing-masing kelompok maka siswa akan di bimbing oleh tutor sebaya dimasing-masing kelompok untuk kemudian mereka diskusikan terkait apa yang belum di mengerti dan apa yang sudah di mengerti.
2. Orasion Metod (Presentasi kelompok)
Setelah semua anggota di masing-masing kelompok dapat memahami materi maka tutor mengutus dua perwakilan kelompok untuk mempresentasikan atau menyampaikan di depan kelas terhadap materi yang telah di peroleh.
3. PROYEK
Proyek diberikan kepada setiap individu siswa yakni :
a) Carilah hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah pada Q.S. Adl-Dluha
b) Carilah hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah pada Q.S. Al- ’Adiyat.
c) Tulislah ayat-ayat mana sajakah yang memiliki Alif Lam syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah dari kedua surah diatas.
4. EVALUASI : dilakukan melalui uji kemampuan terhadap pelajaran yang telah disampaikan melalui tes tertulis, yakni :
1). Jelaskan pengertian Syamsiyah?
2) Jelaskan hukum bacaan Syamsiyah?
3) Sebutkan huruh Syamsiyah?
4) Jelaskan pengertian Qamariyah?
5) Jelaskan hukum bacaan Qamariyah?
6) Sebutkan huruf Qamariyah?
FORMAT PENILAIAN :
1. Kehadiran : 20 %
2. Tugas : 10 %
3. Keaktifan : 20%
4. UTS : 20%
5. Evaluasi : 10%
6. UAS : 20%
5. Sumber Belajar | : | 1. Al-Qur’an terjemahan Dep.Agama R.I 2. Buku pintar Tajwid, Pustaka cempaka : jogjakarta; 2001 3. Ayo Belajar Agama Islam SMP kelas VII : Erlangga |
0 komentar:
Posting Komentar