22.4.12

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)_Versi ke 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


A. IDENTITAS
Nama Guru
:
Mardiana, M.Ag
Sekolah
:
Sekolah SMPN 1 Lumbung Padi
Bidang Studi
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
:
VII/Ganjil

B. SILABUS

Judul
:
Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah Dan Alim Lam Qamariyah (Lam Ta’Rif)

Materi
:
1.      Pengertian dan hukum Alif Lam Qomariyah dan Alif Lam Syamsiyah
2.      Jenis-jenis Huruf  Alif Lam Qomariyah dan Huruf Alif Lam Syamsiyah
3.      Mempraktikkan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah dalam QS. Ali-Imran : 132-134

Standar Kompetensi
:
Mengenal dan mempraktekan hukum bacaan Alif lam syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah

Kompetensi dasar
:
1.      Mengetahui  pengertian Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariya
2.      Membedakan hukum dan contoh-contoh  bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariya
3.      Menerapkan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Qamariya dalam QS. Ali-Imran : 132-134

Indikator Hasil Belajar
:
1.1.    Mampu menyebutkan pengertian Alif Lam  Syamsiyah dan Alif lam Qamariya
2.1. Mampu menyebutkan contoh-contoh bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariya
2.2. Mampu membedakan ciri-ciri hukum bacaan Alif Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah
3.1.Mampu menggunakan hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariya dalam QS. Ali Imran : 132-134


Alokasi Waktu

:

2 x 40 menit (1 pertemuan)





Metode

:

- Ceramah (sebagai  pengantar)
- Small Group  Discussion  with Tutor Sebaya
- Orasion Metod (Presentasi Kelompok)


Media
:
1.      Papan tulis, Alat tulis (Spidol atau Kapur)
2.      Buku Pintar Tajwid
3.      Al-Qur’an

C. PROSEDUR AKTIVITAS :
1. SCENE SETTING
NO
Aktivitas Guru
Durasi

1
PEMBUKAAN  (no.1,2,3):
Guru membuka pelajaran dengan salam



10 Menit
2

Guru Menunjuk satu orang siswa untuk Tadarus al-Quran surah Ali-Imran : 132-134
3
Guru Menjelaskan kompetensi yang  harus dicapai dalam kegiatan pembelajaran dalam materi yang akan disampaikan.

4
KEGIATAN INTI  (no.4,5, dan 6)
Guru memberi pengantar terkait apa-apa saja huruf alif lam syamsiyah dan apa-apa saja huruf Alif Lam Qomariyah  kemudian memilih 2 orang siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi tutor sebaya (melalui pertanyaan pengantar terhadap materi yang mau di sampaikan).







50 Menit
5
Guru Membagi siswa menjadi  2 kelompok (kelompok Alif Lam Syamsiyah dan Kelompok Alif Lam Qamariya)

6
Guru Meminta Setiap kelompok untuk mencari Huruf-huruf Alif Lam Ta’rif pada QS. Ali-Imran 132-134 dan meminta mereka memahami  bersama tutor sebaya dan diskusi untuk kemudian wajib mempresentasikannya ke depan  kelas dengan  meminta masing-masing kelompok  mendelegasikan 2 orang.
7
PENUTUP (no.7,8,9 dan 10)
Guru memberikan evaluasi terkait pelajaran
10 Menit
8
Guru menyimpulkan, mengklarifikasi dan refleksi tentang materi yang telah di sampaikan

10 Menit
9
Guru mengakhiri dengan do’a.
10
Guru mengucapkan salam penutup


NO
Aktivitas Siswa
Durasi
1
PEMBUKAAN  (no.1,2,3):
 Siswa Menjawab salam
.



10 Menit
2
Siswa yang ditunjuk bersedia untuk Tadarus al-Quran surah Ali-Imran : 132-134

3
Siswa menyimak kompetensi yang dicapai dalam
kegiatan pembelajaran terhadap materi yang disampaikan
4
KEGIATAN INTI  (no.4,5, dan 6)
Siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata bersedia untuk menjadi tutor sebaya yang telah di tunjuk oleh guru.








50 Menit
5
Siswa  mencari kelompoknya (kelompok Alif Lam Syamsiyah dan Kelompok Alif Lam Qamariya)  sedangkan  tutor sebaya yang terpilih siap mendampingi teman sekelompoknya  di  masing-masing  kelompok
6
Seluruh Siswa mencari Huruf-huruf Alif Lam Ta’rif pada QS. Ali-Imran 132-134 bersama kelompoknya masing-masing untuk di pahami dan setelah selesai wajib mengajarkan ke pada teman kelompok lain dengan mendelegasikan 2 orang untuk mewakili kelompok dalam mempresentasikan di depan kelas (oration metod) dari hasil pemahaman di kelompok masing-masing.
7
PENUTUP (no.7,8,9 dan 10)
Siswa mengerjakan evaluasi dari guru
10 Menit
8
Siswa mendengarkan kesimpulan, klarifikasi dan refleksi  dari Guru tentang materi yang telah di sampaikan

10 Menit
9
Siswa Berdo’a bersama
10
Murid menjawab salam penutup dari guru

      




Sistematika Metode

1.      Small Group  Discussion  with Tutor Sebaya

Setelah siswa berkumpul bersama masing-masing kelompok maka siswa akan di bimbing oleh tutor sebaya dimasing-masing kelompok untuk kemudian mereka diskusikan terkait apa yang belum di mengerti dan apa yang sudah di mengerti.
2.      Orasion Metod (Presentasi kelompok)
Setelah semua anggota di masing-masing kelompok dapat memahami materi maka tutor mengutus dua perwakilan kelompok untuk mempresentasikan atau menyampaikan di depan kelas terhadap materi yang telah di peroleh.


3.     PROYEK
Proyek diberikan kepada setiap individu siswa yakni :
a)      Carilah hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah pada Q.S. Adl-Dluha
b)      Carilah hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah pada Q.S. Al- ’Adiyat.
c)      Tulislah ayat-ayat mana sajakah yang memiliki Alif Lam syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah dari kedua surah diatas.

4.      EVALUASI : dilakukan melalui uji kemampuan terhadap pelajaran yang telah disampaikan melalui tes tertulis, yakni :

1).     Jelaskan pengertian  Syamsiyah?
2)      Jelaskan hukum bacaan Syamsiyah?
3)      Sebutkan huruh Syamsiyah?
4)      Jelaskan pengertian Qamariyah?
5)      Jelaskan hukum bacaan Qamariyah?
6)      Sebutkan huruf  Qamariyah?


FORMAT  PENILAIAN :
1.      Kehadiran       :  20 %
2.      Tugas               :  10 %
3.      Keaktifan        :  20%
4.      UTS                 :  20%
5.      Evaluasi           :  10%
6.      UAS                :  20%

5.      Sumber Belajar
:
1.      Al-Qur’an terjemahan Dep.Agama R.I
2.     Buku pintar Tajwid, Pustaka cempaka : jogjakarta; 2001
3.      Ayo Belajar Agama Islam SMP kelas VII : Erlangga


0 komentar:

Posting Komentar