RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| 1. Menjelaskan keutamaan membaca Al-Qur’an secara mandiri dengan baik 2. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dengan tepat. 3. Menyebutkan contoh bacaan “Al” Syamsiyah sekurang-kurangnya tiga buah secara jujur dengan tepat. 4. Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah secara mendiri dengan benar 5. Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah secara jujur dengan benar. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. | Materi Ajar Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1. Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah. “Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ ) . 2. Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.
3. Pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah. “Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَةْ yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ). Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ). 4. Contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah.
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. | Metode Pembelajaran | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Metode yang digunakan adalah: tanya jawab, drill, dan praktik: 1. Tanya jawab. Peserta didik mengadakan tanya jawab dengan teman-temanya tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. 2. Drill (latihan). Peserta didik berlatih untuk membuat contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. 3. Praktik. Peserta didik mempraktikkan cara membaca contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. | Kegiatan Pembelajaran | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1. | Pendahuluan (10 menit) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | a. Guru dan siswa masuk kelas dan memulai pembelajaran tepat waktu sesuai jadwal secara tertib dan penuh tanggung jawab. b. Guru memperhatikan keadaan kelas mengenai kerapihan tempat duduk, kebersihan kelas, dan papan tulis dengan teliti. c. Guru memberi salam, mengecek keadaan siswa, dan menyiapkan kelas untuk siap belajar dengan teliti d. Guru meminta ketua kelas atau salah seorang peserta didik untuk memimpin do’a bersama untuk mengawali pembelajaran dengan khusyu dan hidmat. e. Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai 10 menit dengan hidmat. f. Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam tatap muka tersebut dan arti penting kompetensi itu bagi peserta didik dalam kehidupaan sehari-hari. g. Guru meminta peserta didik untuk membagi kelas menjadi beberapa kelompok berdasarkan urutan presensi secara demokratis. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2. | Inti (60 menit) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | Pertemuan ke-1 a. Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru . b. Peserta didik mempelajari dan menelaah ketentuan bacaan alif lam syamsiah dan alif lam qomariah secara berkelompok dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan. c. Peserta didik membuka Al-Quran, membaca dan menelaah kemudian mengidentifikasi bacaan-bacaan yang mengandung alif lam syamsiah dan alif lam qomariah di kelompok masing-masing secara teliti dan penuh tanggung jawab. d. Peserta didik menjelaskan secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab tentang ketentuan-ketentuan bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah e. Peserta didik dengan suara nyaring mendemonstrasikan cara membaca lafal Al Quran yang mengandung bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah pada surah adh Dhuha, kemudian peserta didik menirukannya f. Peserta didik secara individu menyimak bacaan (CD/kaset) murottal Al-Qur’an yang mengandung bacaan “Al” syamsiyah dan “Al” qomariyah dengan penuh kekhusyuan. g. Peserta didik mengidentifikasikan lafal yang mengandung bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah pada surah Adh-Dhuha secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab. h. Guru meminta peserta didik untuk mendemontrasikan hukum bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah secara mandiri dan penuh kesungguhan. i. Guru mengingatkan kembali pentingnya memahami tajwid (hukum bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah) dalam membaca AL-Quran. Pertemuan ke-2 a. Peserta didik membuka, membaca, serta menelaah Al-Quran yang mengandung bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah secara berkelompok dengan penuh kesungguhan. b. Peserta didik mengidentifikasi bacaan-bacaan yang mengandung hukum bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah secara berkelompok dengan penuh kesungguhan c. Peserta didik dengan suara nyaring mendemonstrasikan cara membaca lafal Al Quran yang mengandung bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah pada surah al-‘Adiyat, kemudian peserta didik menirukannya secara tepat dan benar. d. Guru dan peserta didik bertanya jawab mengenai cirri-ciri hukum bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah secara demokratis. e. Peserta didik mengidentifikasikan lafal yang mengandung bacaan “Al” syamsiah dan “Al” qomariah pada surah al-‘Adiyat secara mandiri dan penuh kesungguhan. f. Peserta didik secara mandiri mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh. g. Guru dan peserta didik secara bersamaa-sama mereview tentang hukum bacaan alif lam syamsiah dan alif lam qomariah secara demokratis. h. Peserta didik diberi kesempatan untuk menyanyakan hal-hal yang masih belum dipahami berkenaan dengan hukum bacaan “Al” syamsiah dan “Al”qomariah secara demokratis. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3. | Penutup (10 menit) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | a. Guru melakukan tes individual mengenai bacaan-bacaan yang mengandung bacaan “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah secara adil. b. Peserta didik menyerahkan hasil pekerjaannya kepada guru secara jujur dan bertanggung jawab. c. Guru menugaskan peserta didik untuk mempelajari kembali tentang bacaan “Al” syamsiyah dan “Al” qamariyah di rumah secara mandiri dan penuh tanggung jawab. d. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama dan mengucapkan salam dengan khusyu dan penuh hidmat. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. | Sumber Belajar | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Keterangan : Tuliskan sumber belajar di atas tanda tangan guru dan kepala sekolah secara lengkap dengan ketentuan sebagai berikut: Sumber belajar berupa buku, artikel, UU, majalah, dll. 1. Buku teks : Penulis. Tahun Judul Buku. Kota Penerbitan: Penerbit, halaman. 2. Artikel : Penulis. “Judul Artikel”. Nama Mmedia. Tanggal, bulan, tahun. 3. Berita: Nama Media. Tanggal, bulan, tahun. “Judul Berita”. 4. Nara sumber: Nama Tokoh. Keteranga Tokoh. 5. Peraturan : Undang-undang Nomor.... Tahun... tentang... 6. Internet: Alamat web. “Judul Tulisan”. Tanggal diunduh... 7. Lingkungan: Nama dan lokasi 8. Dll |
H. | Penilaian |
No | Indikator | Bentuk Instrumen | Instrumen | Kunci Jawaban |
1 | Menjelaskan keutamaan membaca Al-Qur’an | Uraian | اقرأ القران فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأهله Jelaskan isi kandungan Hadits di atas | |
2 | Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dengan tepat | Uraian | Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah | |
3 | Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah sekurang-kurangnya tiga buah contoh | Uraian | Sebutkan tiga contoh bacaan "Al" Syamsiyah | |
4 | Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah dengan benar | Uraian | Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah! | |
5 | Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah dengan benar | Uraian | وَالضُّحَى (1) وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى (2) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى (3) وَلَلْآَخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَى (4) Tunjukkan kalimat yang mengandung bacaan "Al" Qamariyah pada ayat di atas. | |
| Unjuk Kerja Unjuk kerja dilakukan dengan cara memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca ayat Al-Quran yang ada kaitannya dengan hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam Qomariyah. Format Penilaian Praktek Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah
Aspek yang dinilai: 1. Makhraj 2. Alif Lam Syamsiyah 3. Alif Lam Qomariyah 4. Kesungguhan Nilai 3. Pengamatan: Terlampir
Keterangan: Cinta Ilmu : 1. Kaseriusan, 2. Ketekunan Rasa Ingin Tahu : 1. Bertanya, 2. Membaca Buku Kemandirian : 1. Menelaah Materi Ajar secara mandiri Nilai : A. Baik Sekali, B.Baik, C. Cukup, D. Kurang | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | Malang , 12 Maret 2012 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui: | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala SMP Negeri………, | | Guru Mata Pelajaran PAI, | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 komentar:
makasih infox
Itu kan al syamsiyah & al qamariah.. knp contoh2nya al syamsiyah ada 2 .. mana contoh2 dri al Qamariah..
Posting Komentar