Dibawah ini merupakan hasil Analisis yang saya lakukan untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam...
Saya mencoba Mengkaloborasikan Tipe Belajar siswa (entah Audio Visual, Visual Liarnrs, maupun Kinestetik) dengan Tipe Materi yang ada (Baik Konseptual, Prinsip, Prosedural maupun Fakta)
VARIABEL | KETERANGAN | ||
1 | A | JENJANG KELAS | V (Lima) Madrasah Ibtidaiyah |
B | MATERI | Halal dan Haram | |
C | TIPE MATERI | Prinsip dan Fakta | |
D | MEDIA YANG DIGUNAKAN | Vidio /Media Audio Visual (Film Kartun tentang Halal dan Haram) & Gambar 2 Dimensi /Media Visual (Gambar hewan-hewan yang di haramkan dan dihalalkan) | |
E | KARAKTERISTIK SISWA : 1.Usia | 10-11 Tahun | |
2. Gaya Belajar yang Cocok | Visual Learners | ||
| F | KELEBIHAN & KEKURANGAN | Kelebihan : 1. Materi ini akan tersampaikan dengan baik apabila media dan gaya belajar anak lebih condong ke gaya belajar visual sebab media yang digunakan membutuhkan penyimakan melalui indra penglihatan, sehingga sangat cocok bagi gaya belajar tersebut; 2. Pada tahapan usia anak duduk dibangku sekolah dasar, model belajar yang mudah anak serap yaitu dengan melakukan imitasi terhadap apa yang mereka lihat sebelum mereka memasuki remaja awal, sehingga penyajian materi melalui dukungan vidio dan gambar sangat membantu. Kekurangan : 1. Mengingat tidak semua anak di kelas memiliki gaya belajar Visual maka Media ini dianggap kurang menarik bagi mereka yang memiliki gaya belajar Audio dan Kinestetik. 2. Jika Berada didaerah yang terpencil (tidak ada aliran listrik) maka untuk media Vidio sangat tidak memungkinkan karena penyajian materi memerlukan Listrik/ LCD dan Labtop. |
2 | A | JENJANG KELAS | VII (satu) Madrasah Tsanawiyah |
| B | MATERI | Hukum bacaan Alif lam Syamsiyah dan Qomariyah |
C | TIPE MATERI | Fakta Dan Konsep | |
D | MEDIA YANG DIGUNAKAN | Micro Fles Tajwid /Visual Audio dan Media Visual (Index Card : Kartu bertulis potongan huruf yang memuat hukum bacaan Alif lam Syamsiyah dan Alif lam Qomariyah) | |
E | KARAKTERISTIK SISWA : 1.Usia | 13-14 Tahun | |
2. Gaya Belajar yang cocok | Visual Learners | ||
F | KELEBIHAN & KEKURANGAN | Kelebihan : 1. Membantu Siswa untuk lebih teliti dalam menganalisis mana-mana saja potongan huruf yang memiliki hukum bacaan Alif lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah 2. Melibatkan siswa lebih aktif karena turut andil melibatkan diri. Kekurangan : 1. Mengingat tidak semua anak di kelas memiliki gaya belajar Visual /Audio Visual maka Media ini dianggap tidak begitu menarik dan hanya aktifitas biasa yang tidak berkesan. 2. Penyediaannya dianggap rumit karena selain membutuhkan Program Software, LCD maka guru juga dipintah untuk menulis potongan-potongan ayat yang mengandung hukum bacaan tersebut, kendatipun guru juga dapat mencari potongan-potongan tersebut melalui Al-qur’an digital lalu kemudian di prin (terlepas dari itu tetap saja guru harus mengeluarkan biaya untuk penyediaan kertas/ biaya print serta tenaga ekstra dalam pembuatannya). | |
3 | A | JENJANG KELAS | XI (Dua) Madrasah Aliyah |
B | MATERI | Tata Cara Pengurusan Jenazah | |
C | TIPE MATERI | Prosedural dan Fakta | |
D | MEDIA YANG DIGUNAKAN | Media 3 Dimensi/ Media Peraga (Boneka) Media 2 Dimensi/Media Visual (Gambar langkah-langkah pemandian jenazah dan proses mengkafani) | |
E | KARAKTERISTIK SISWA : 1.Usia | 16-17 Tahun | |
2. Gaya Belajar yang cocok | Kinestetik Learners dan Visual Learners | ||
F | KELEBIHAN & KEKURANGAN | Kelebihan : 1. Untuk media 3 dimensi dari segi pengindraan sangat efektif karena selain dapat dilihat juga dapat diraba, dalam hal ini siswa dapat memahami tatacara pegkafanan jenazah karena mengingat boneka dari segi bentuk meiliki wujud yang sama dengan wujud manusia, begitupun dengan Media visual (gambar) siswa dapat melihat gambar yang kemudian di tindak lanjuti melalui peragaan boneka, sehingga interprestasi dari masing-masing persepsi yang dipahami melalui gambar dapat terjawab saat peragaan berlangsung. 2. Elastis dan mudah di bawah kemana-mana (mengingat boneka bukan benda yang berat). Kekurangan : 1. Memerlukan peraga (boneka) yang besar/ menyesuaikan besar badan manusia, sehingga pada saat pengkafanan tidak membuat siswa bingung. 2. Dalam hal ketersediaan, belum tentu sekolah memfasilitasi ketersediaan media peraga tersebut. 3. Dalam hal biayapun juga mempengaruhi, sebab jika ternyata sekolah tidak memfasilitasi maka gurupun dituntut untuk menyediakannya. | |
4 | A | JENJANG KELAS | VII (satu) Madrasah Tsanawiyah |
B | MATERI | Memahami Tata cara Shalat Jamaah dan Munfarid (sendiri) | |
C | TIPE MATERI | Konsep dan prosedural | |
D | MEDIA YANG DIGUNAKAN | Media 3 Dimensi (Tutup Botol : Wujud Afirmasi dari jama’ah yang memperagakan seseorang yang sedang berjamaah) | |
E | KARAKTERISTIK SISWA : 1.Usia | 13-14 Tahun | |
2. Gaya Belajar yang cocok | Visual Learners | ||
F | KELEBIHAN & KEKURANGAN | Kelebihan : 1. Mudah ditemukan; 2. Memudahkan guru karena ketika ada jama’ah yang masbuk, maka guru tinggal menambah 1 tutup botol yang ada. 3. Sangat Menyenangkan dan ekonomis. Kekurangan : 1. Siswa Yang memiliki daya tangkap dibawah rata-rata maka akan sulit memahami kenapa di Afirmasikan menggunakan tutup botol. 2. Karena bentuknya yang kecil maka siswa mengalami kesulitan dalam hal penglihatan , terutama siswa yang duduk di posisi bagian belakang. | |
5 | A | JENJANG KELAS | I (satu) Madrasah Ibtidaiyah |
B | MATERI | Mengetahui Kalimat Tayibah | |
C | TIPE MATERI | Konsep dan Fakta | |
D | MEDIA YANG DIGUNAKAN | Visual 2 Dimensi ( Picture Match : Tentang Peristiwa-Peristiwa yang nantinya dicocokan antara kalimat tayyibah dan gambar ) | |
E | KARAKTERISTIK SISWA : 1.Usia | 6-7 Tahun | |
2. Gaya Belajar yang cocok | Kinestetik Learners dan Visual Learners | ||
| F | KELEBIHAN & KEKURANGAN | Kelebihan : 1. Memudahkan siswa dalam memahami materi yang ada, karena siswa di ajak untuk mencocokan kalimat yang ada dengan gambar, sehingga ketika gambar yang ada adalah gambar diangkatnya jenazah menuju pemakaman maka kalimat yang cocok adalah Innalillahi wainna ilaihi roji’un. 2. Mengundang motivasi bagi siswa untuk lebih semangat 3. Membuat suasana belajar lebih hidup karena media menimbulkan rivalitas antara siswa dalam mencocokan kalimat dan gambar. Kekurangan : 1. Pembuatan media cukup rumit 2. Membutuhkan waktu yang cukup lama 3. Tipe belajar anak yang Visual/ Audio visual akan merasa pembelajarannya tidak begitu menyenangkan.. |
2 komentar:
Mohon Maaf Yah sementara ini dulu hasil analisis Media Vs Tipe Pembelajaran siswa, semoga bermanfaat..Thanks Atas Kunjungannya ke Blog ini ^_^
Sip..
Posting Komentar